Horok Horok Jepara

Kuliner Khas Jepara
Tak lengkap rasanya bila datang ke Jepara namun tidak menikmati kuliner khasnya, kira-kira apa ya yang khas dari kota ukir ini.???

Horok-horok. Ya, horok-horok adalah makanan tradisional khas jepara yang termasuk jajanan pasar. Makanan ini masih banyak diperjualbelikan di pasar - pasar tradisional.

Makanan yang dibuat dari bahan baku sagu dengan proses pembuatan dikukus beberapa waktu hingga matang lalu didinginkan, selain memiliki nama yang aneh juga diproses dengan menggunakan alat yang sedikit aneh yaitu sisir rambut. Sisir rambut inilah yang menjadikan makanan horok-horok berbentuk seperti gabus yang kenyal dengan rasa sedikit asin dan berwarna putih bening.

Horok-horok akan lebih enak jika disajikan dengan sayuran seperti bayam, kecambah, kangkung, nangka muda dengan bumbu kacang.

Tak hanya itu, horok-horok kadang-kadang dimakan bersama bakso, soto, gulai dan juga bersama bubur. Makanan ini biasanya dimakan panda siang hari mulai pukul 10 hingga pukul 2 karena makanan ini mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga sama hal nya dengan makan porsi nasi.

Hemmm..., yang pengen maem horok-horok, silahkan aja datang kejepara, nyarinya di pasar tradisional tapi jangan di swalayan.

Selamat Berkuliner ria..
Salam maK nYus..

One Response so far.

  1. Unknown says:

    artikelnya bagus

Poskan Komentar


Sekarang Bisa Komentar Tanpa Harus Login.