Jepara Juara Dua Karnaval Keprajuritan

Tim karnaval keprajuritan dari Kabupaten Jepara yang menjadi wakil Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih peringkat kedua lomba Karnaval Keprajuritan Nusantara 2012, di Taman Mini Indonesai Indah (TMII) Jakarta, Minggu (4/11).

"Peringkat dua tersebut, ditandai dengan raihan prestasi di dua kategori, yakni kategori penyaji unggulan dan penyaji arak-arakan terbaik Karnaval Keprajuritan Nusantara 2012," kata sutradara tim karnaval keprajuritan dari Kabupaten Jepara Sholikul Huda, di Jepara, Senin.

Dengan perolehan dua kategori terbaik tersebut, kata dia, Jateng yang diwakili Jepara menempati peringkat kedua di bawah Provinsi Riau yang berhasil meraih juara di tiga kategori. Sedangkan peringkat ketiga diraih Provinsi Jawa Timur dengan satu kategori terbaik.

Ia mengatakan, lomba karnaval keprajuritan di Jakarta ini merupakan kali pertama yang diikuti para seniman asal Jepara.

"Sebelumnya, Jepara meraih juara favorit festival budaya di tingkat provinsi, sehingga dipercaya menjadi wakil provinsi maju ke tingkat Nasional," ujarnya.

Tema yang diusung, yakni Ratu Kalinyamat dengan melibatkan 56 seniman kota ukir.

Dalam karnaval tersebut, katanya, Jepara memperagakan perjuangan Ratu Kalinyamat yang hendak menyerang pasukan Portugis di Malaka.

"Pada parade tersebut, digambarkan sejumlah perempuan dengan gagah berani menghadapi kaum penjajah," ujarnya.

Persiapan yang dibutuhkan, katanya, membutuhkan waktu satu setengah bulan, dimulai dari seleksi pemain dan penari, penyiapan alat-alat pendukung hingga latihan dan geladi bersih.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Mulyaji membenarkan tim karnaval asal Jepara yang mengikuti lomba karnaval keprajuritan Nusantara berhasil meraih prestasi peringkat dua.

"Kami sangat memberikan apresiasi atas kerja keras para seniman asal Jepara telah membuahkan hasil yang membanggakan," ujarnya.

[sumber: antaranews]

Poskan Komentar


Sekarang Bisa Komentar Tanpa Harus Login.